Spiga

Kejadian Sebelum Isra' Mi'raj

Sebelum terjadinya peristiwa Isra’ Mi’raj, Rasululloh SAW mengalami tahun – tahun yang sangat memprihatinkan dan menyedihkan.

Pertama, pemboikotan total yang dilakukan kaum kafir Quraisy terhadap Bani Hasyim dan Bani Abdul Mutthalib. Pemboikotan ini, yang hampir membuat kaum Muslimin mati kelaparan, berlangsung selama tiga tahun. Kedua meninggalnya isteri beliau Siti Khadijjah yang sangat mensupport perjuangan beliau, bersama dalam suka maupun duka, juga sempat mengalami berbagai tekanan dari Kaum Kafir. Siti Khadijah menjadi isteri sejak beliau belum diangkat menjadi Rasul.



Ketiga meninggalnya paman beliau yang aman dicintai Abu Thalib. Seorang paman yang selalu memberikan perlindungan terhadap Rasul dari tekanan dan serangan Kaum Qurays. Kesedihan semakin mendera ketika melihat, bahwa paman yang beliau cintai meninggal “tidak dalam keadaan islam”.

Rangkaian kejadian yang menyedihkan tersebut, ada yang memaknai sebagai tercabutnya simbol harta, tahta dan wanita. Harta tergambarkan oleh “pemboikotan kaum kafir hingga kelaparan (unsur ekonomi)”, tahta tergambarkan dari “meninggalnya Abu Thalib” yang selalu melindungi Rasul dari tekanan kaum kafir Quraisy, serta wanita tergambarkan dari “meninggalnya isteri beliau Siti Khadijah”. Hal ini yang dimaknai pula sebagai “upaya hamba untuk mencabut 3 hal tersebut dari hati, tatkala akan menuju sebagai “mi’rajnya orang-orang beriman”.

0 komentar: