Spiga

Perhiasan Terindah adalah Wanita Shalehah

Khadijah - The True Love Story of Muhammad SAW
Tak dapat dipungkiri, Khadijah, istri Rasulullah saw., merupakan sosok yang fenomenal. Bukan saja memiliki perilaku yang mulia, Khadijah juga merupakan sosok yang cerdas dengan ketabahan yang luar biasa.

la rela mengorbankan seluruh harta dan jiwanya untuk dakwah Rasulullah. Dengan kematangan, kebijaksanaan, dan integritas dirinya, Khadijah menyokong, membangkitkan tekad, dan mengobarkan semangat dakwah Rasulullah.

Jika ada wanita yang langsung menerima salam dari Allah, maka Khadijahlah orangnya. Peristiwa itu terjadi ketika Jibril mendatangi Rasulullah. Allah menjaga diri Khadijah dari segala cela, sehingga penduduk Mekah menjulukinya sebagai "wanita suci".

Khadijah pun menjadi wanita teristimewa bagi Rasulullah. Rasulullah selalu menyebut-nyebut nama Khadijah dan mengistimewakan teman-teman Khadijah, walau hingga Khadijah wafat. Inilah kisah Khadijah, cinta sejati Rasulullah.

Wanita - Wanita Sekitar Rasulullah ; Oleh: Umar Ahmad ar-Rawi
"Sejarah adalah kumpulan perjalanan hidup orang besar." Kalimat diatas mungkin tidak terlalu tepat menggambarkan arti 'sejarah' yang sebenarnya, namun juga tidak terlalu melenceng karena begitu besarnya peranan seorang pelaku utama sejarah dalam sebuah alur sejarah.

Sejarah Islam juga amat didominasi oleh perjalan hidup para pelakunya, terutama Muhammad Rasulullah saw. Kita mengenal banyak sosok pahlawan Islam di dalam diri sahabat-sahabat Rasulullah, baik dari kalangan kerabatnya, maupun kalangan yang jauh. Baik yang kemudian menjadi pemimpin umat maupun yang tetap menjadi orang biasa. Mereka itu tak hanya dari kalangan laki-laki, tapi juga banyak sahabat wanita.

Namun sayangnya banyak buku yang sudah ditulis tentang para pelaku sejarah permulaan Islam, tak banyak menampilkan tokoh wanita shahabiyah. Kalaupun ada, paling di seputar anak dan isteri Rasulullah saw. saja. Padahal peran para sahabat wanita itu tidak kalah besar dibanding sahabat laki-laki.

Untuk mengisi celah informasi sejarah ini, Umar Ahmad ar-Rawi menulis buku ini. Tak kurang dari 122 srikandi ditampilkan di buku laris ini. Mereka adalah wanita-wanita agung yang hidup di masa Rasulullah saw., dan yang setia bersama beliau dalam suka dan duka.

Diantara mereka adalah ibunda, isteri, anak, dan kerabat dekat Rasulullah. Juga wanita yang menyusui dan mengasuh Nabi, serta para shahabiyah lainnya, baik dari kalangan Muhajirin maupun Anshar. Diantara mereka ada pemimpin rumah tangga yang sukses, da'i penyebar agama Islam, pengusaha sukses, bahkan anggota pasukan perang yang gigih membela Rasulullah dengan darah dan nyawanya.

Renew Your Marriage - Kembali Menjaga Bahtera Kembali Memadu Cinta ; Oleh Mohammad Al-Kadhy, Psy. D
bila cintamu cinta sejati
tentu semuanya kan jadi mudah
kar’na segala yang ada di atas tanah
tak lain hanyalah tanah

Siratan makna puisi di atas seakan menjadi saksi betapa akan hangat dan nyamannya bahtera hidup, bila semua masalah secara matang ditempatkan pada duduk perkara sejatinya. Rumah tangga yang tenteram jelas bukan yang tanpa masalah, tapi yang secara dewasa dan bijak, dengan hiasan senyum ataupun linangan air mata, membijaki masalah demi masalah.

Mohammad Al-Khady, Doctor of Psychology, penulis buku ini, meneliti dan mencermati berbagai pengalaman rumah tangga, lalu mendulang berbagai solusi tak terduga untuk kita.

50 Nasihat Rasulullah untuk Kaum Wanita ; Oleh Majdi Sayyid Ibrahim
Pernahkah Anda membayangkan bahwa sesuatu yang tadinya Anda anggap sepele berakhir dengan bencana? Mungkin tanpa Anda sadari, ketika sedang enak-enak mengobrol dengan suami Anda, Anda menceritakan teman wanita Anda kepada suami secara mendalam, termasuk kecantikannya. Begitu antusiasnya Anda sehingga seakan-akan Anda telah menghadirkan teman wanita Anda tersebut ke hadapan suami Anda. Suami Anda pun menjadi tertarik kepada teman wanita Anda dan bisa jadi dia akan berusaha mendekatinya, bahkan tidak mustahil akan mengawininya dan menceraikan Anda, padahal sebelumya suami Anda sama sekali tidak mengenal teman Anda tersebut. Jika hal ini benar-benar terjadi, Anda hanya dapat menyesali kesalahan yang telah Anda lakukan.

Oleh karena itu, Rasulullah Saw. sejak dini telah memperingatkan agar hal yang demikian tidak terjadi. Kesalahan yang sering terjadi pada sebagian istri, sebagaimana disinggung di atas, adalah salah satu tema pembahasan dalam buku ini. Selain itu, masih banyak lagi tema menarik yang semuanya sarat dengan pendidikan dan penyempurnaan akhlak wanita Muslimah. Di antaranya, kemuliaan mendidik anak perempuan, hiburan yang diperbolehkan, dan wasiat Nabi Saw. untuk istri-istri beliau. Dari buku ini, Anda dapat belajar menapaki dunia dan sedapat mungkin melaksanakan nasihat-nasihat Rasulullah Saw. ini dalam kehidupan sehari-hari.

Kisah Teladan Wanita Ahli Surga ; Oleh Musthafa Murad
Ada sepuluh wanita suci yang dijanjikan masuk surga. Siapakah mereka? Mereka adalah wanita-wanita yang menampilkan sifat-sifat dan akhlak yang amat terpuji, antara lain: sungguh-sungguh dalam beribadah; tulus dalam melayani suami; ikhlas dalam beramal; mengorbankan jiwa-raga hanya untuk Allah; dermawan kepada sesama; kasih pada yang lemah dan menderita.

Apa saja yang mereka peroleh kelak di surga? Bagaimana Allah memperlakukan mereka? Kisah-kisah mereka terekam dalam buku yang sarat hikmah ini.

Menjadi Wanita Sukses dan Dicintai ; Oleh Syekh Adnan Ath-Tharsyah
Sukses, sering diidentikkan dengan kehidupan di luar rumah. Baik di tempat bekerja, sekolah atau kampus, dan juga organisasi; entah itu bersifat keagamaan, kemasyarakatan, ataupun politik. Dan, sukses pun menjadi identik dengan karir. Padahal, kesuksesan dalam kehidupan rumah tangga jauh lebih penting dan bernilai artinya bagi seorang manusia.

Bagi wanita, sukses adalah sebuah angan yang mahal. Banyak wanita berusaha keras menggapai sebuah kesuksesan, karena ia dapat memberikan rasa bahagia tersendiri di hati dan menanamkan rasa percaya pada diri sendiri. Lebih dari itu, kesuksesan dapat mendorong semangat bekerja tak kenal lelah dan kemauan untuk selalu maju. Namun, apalah arti sebuah kesuksesan tanpa cinta. Terasa hampa hidup ini jika orang-orang di sekeliling tak mencinta.

Adalah sebuah dambaan sangat mulia; menjadi wanita yang sukses dalam karir, dicintai suami dan anak-anak, dicintai orangtua dan saudara-saudara, disukai teman-teman, dan disukai di masyarakat. Buku "Menjadi Wanita Sukses dan Dicintai" ini —insya Allah— akan membantu setiap wanita untuk dapat meraih sukses dan cinta yang scnantiasa didamba.

Aura Wanita-wanita Sufi ; Oleh Abu Abdurrahman Al-Sulami
Ketika Ibn Arabi mengatakan bahwa, untuk menjadi sufi sejati, seseorang harus menjadi perempuan dulu, tampaknya Guru Agung ini tidak sedang bercanda. Setidaknya, ini terbukti dari banyaknya sufi perempuan yang menjadi guru bagi sufi-sufi besar sekaliber dia, Bayazid Al-Busthami, Dzun Nun Al-Misri dan seterusnya. Sufi perempuan yang dimaksud antara lain: Fathimah dari Kordoba, Fathimah Al-Naisafuri dan Aisyah dari Damaskus.

Tidak seperti dalam fiqih -- yang disebut-sebut sering mengecilkan peran perempuan, kalau bukannya menindas dan dengan demikian melanggar prinsip kesetaraan Al Quran --, dalam tasawuf peran kaum perempuan sungguh amat besar dan diakui. Para sufi seringkali mengenang sufi-sufi perempuan yang menjadi guru mereka, dari siapa mereka menyerap rahasia cinta dan suluh kasih-keibuan yang amat lembut dan indah. Hanya saja, karena mereka kurang dikenal dan amat jarang dilaporkan buku-buku biografi, maka keberadaan mereka seperti terlupakan.

Buku ini memuat tidak kurang dari kisah dan mutiara 84 wanita sufi secara singkat dan memikat. Seluruh materi yang, seperti diakui pentahkik buku ini, amat jarang diangkat oleh buku-buku biografi lainnya.

0 komentar: